Jika Anda menuju Kota Bukittinggi dari Kota Padang, anda Akan melewati kawasan Anai Resort yang terletak di Kandang Ampek, Kabupaten Padang Pariaman atau sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Padang. Di area ini, terdapat lapangan golf dan kolam pemandian Tirta Alami yang sumber airnya berasal dari mata air. Pemandian tirta alami yang dibuka untuk umum memiliki empat kolam pemandian dengan air terjun berundak. Kawasan pemandian seluas lima hektar itu kolamnya sangat alami yang terbuat dari batu-batuan alam. Karena hanya berketinggian sekitar 600 meter dari permukaan laut, pengunjung akan merasakan kesejukan alam yang berhawa pegunungan.

Di kolam Tirta Alami, Anda akan merasakan aslinya air yang berasal dari Gunung Tandike. Rasa sangat dingin yang pasti Anda rasakan. Anda juga bisa melihat betapa beningnya air murni yang belum tercemar apa-apa. Selain itu, di tempat pemandian Tirta Alami terdapat juga air terjun langsung. Jadi pengunjung pun dapat turut merasakan derasnya curahan air terjun dengan bebunyiannya yang khas. Di sanalah akan Anda temukan suasana yang benar-benar dekat dan menyatu dengan alam pegunungan.

Tidak hanya pemandian saja, tetapi di kawasan tersebut terdapat arena bermain. Bagi pengunjung yang menyukai petualangan, disediakan arena flying fox dan titian berayun. Olahraga petualangan tersebut sangat cocok dengan kondisi alam yang banyak pepohonan. Selain itu, terdapat pula kawasan taman atau kebun yang cukup luas, di mana Anda bisa rileks dan melepas penat. Kawasan Tirta Alami merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di sumatera Barat.

(1464 pengunjung)